begini ceritanya malam minggu kemarin sekitaran ja 21.30 saya hendak ingin muter-muter sekitaran rumah, ketika di nyalakan motor tampak sepeti biasa di stater bremnmmmm. tekan kopling masuk gigi satu jalan dah hhehe. sekitaran 2 Km ada SPBU yaudah isi bensin, keluar dari SPBU dan lanjutkan perjalanan sekitar udah 1 Km an tiba-tiba kok jarum Rpm mati.
terpaksa kepinggir jalan dulu mati in motor trus nyala in lagi sampai berulang ulang tuh jarum ga naik naik lagi walaupun sudah di gas. saya pikir ni jarum rusak. perjalannan pun dilanjutkan sekitaran udah jalan 1 km an di harapan indah, bekasi lampu indikator yang warna kuning di speedometer pun menyala dan berkedip.
mulai nie perasangka buruk datang ” ni motor rusak”. berhenti kepinggir jalan dan mulai menghitung kedipan, kedipan pada lampu indikator yang warna kuning 4 kali lambat 6 kali cepat. kemudian mengurungkan niat untuk melanjutkan perjalanan untuk balik, pertama di stater bisa nyala tp baru jalan 50 meteran motor ngadat lagi, dan seterusnya hanya bisa di selah agar bisa nyala nie motor tapi baru nge gas nie motor mati lagi seperti kekurangan bensin, beuuuhhh harus dorong dong.
kebetulan banget ada rumah sudara di sekitar pejuang jaya akhirnya ngedorong juga tuh motor untuk di titipkan dirumah sudara semalam dan saya pun di antar pulang pake motor. sampe dirumah gelisah gundah gulana memikirkan nasib si vixion saya curiga aki nya tekor kok tau????? soalnya kemaren malemnya saya lupa mati in stop kontak vixion yang masih di ON sekitar 4 jam an hehehe . ke esokan harinya si vixion di bawa ke bengkel.,,bener dugaan aki di cek pun tinggal 5.5 volt pantesan dan saya langsung beli aki baru.
akhirnya alhamdullilah si vixion kembali sehat. hmmm alangkah baiknya kita tak terburu buru ketika turun dari tunggangan kita dan memastikan stop kontak tunggangan kita berada di posisi off .
wah ati-ati mas 🙂
http://learningfromlives.wordpress.com/2012/02/27/kalau-punya-2030jt-inilah-7-motor-favorit-di-pikiran-saya/
sip dah.. keep rajin service..
yupss bener rajin servis biar ga keteteran di tengah perjalanan,..,,.
saya juga ngalamin sama nih, tapi tetep aja..pas ke beres katanya harus ganti spul sama kiprok.
sekarang keadaan motor om masih kaya gitu gak? sering nyala lampu indikator yg merah klo pake kelamaan dipake motor om?
sudah ga lagi bro ,, tapi rpm kalo kelistrikan nyala ya rpm geter2 gtu
saya malah pernah lupa matiin kontak 3 hari bro sekitar 3 bulan lalu, hasilnya listrik di aki habis total.:D
trus ngidupinnya di selah/engkol, buat jalan jauh akhirnya normal lagi sampe sekarang.:)
wow akinya ngisi sendiri ya bro ????
iya.. karena dipake.
kan seharusnya memang gitu.. 🙂
wah berarti ane rugi dah ganti aki lagi ,.,.soalnya di nyalain motor tetep ngadat mpe pagi karena akinya dah tinggal 5 volt an
ya yg udah terlanjur nggak usah disesali.. *abaikan saja –> fotokopi style. 😀
sebetulnya bisa dicas/charge dulu mas bro..:)
Wah jangan2 yang ane sekarang kek gitu…gamau nyala..
dari tadi pagi ane lupa matiin kontak, nyadar2 tadi sore, mana lampu depan nyala terus lagi kan vixi baru gak bisa dimatiin…
di cek akinya dulu aja bro,,,
klw punya ane malah sudah 2 tahun..problem itu ngak selesai, tiap di bawa ke beres hasilnya tetep sama…..gi mana mas bro…
problem jarum rpm turun naik kah ??? sama bro vixion ane juga btu sampe sekarang
Vixion ku juga sama, trim’ s infonya. Tapi ada sedikit info klo lampu indikator kuning dan merah menyala tuh cukup ganti sekerinya aza.. terutama untuk vixion yang dah 1 tahun lebih.
sip gan infonya
v-ixion itu standarnya accu kering apa accu yang masih pake air
belum tau bro soalnya hehe
gw jg begitu nih pdahal 11,5 akinya trus disaranin kl manasin motor sampe 1 jam biar ngecas lg,tp kl msh ngedrop jg rpmnya coba d ganti sekringnya,jgn percaya ma mekanik beres,kacau semuanya,kecuali kl mekaniknya sodara lo
kalo rpm ngedrop memang sepertinya sekeringa ,, tp pikson ane masih aja ngedrop rpm nya kalo semua lampu kelistrikan dinyalain ,,,,,
cuy motor w jga gtu ni abis w bonkar n cat w pasang mlah kdap kdip lampu ornya w mtr ga mw ngangkat napa ya,..????
parah na lg yamaha tutup ad yg bisa bantu ga,…??? solution na apa
Otomatis ijektornya
yang dibwah jok jangn sampr kblik
ya ane punya jga gtu. lampu orange suka nyala tiba2 tapi terus mati lagi… biasanya kalo mesin agak panas.
wah sama dengan saya, tetapi g sampe beli yang baru.
http:// arivixie.wordpress.com/2012/10/02/aki-vixion-tekor/
sereeem, lain kali ati2 bro, wah ane pernah ngadet2 gitu gejala kyk aki tekor tau2nya kiprok yg rusak http://brigade15.wordpress.com/
Sbnrx kiprok atw akix sich
[…] stater new vixion bisa langsung nyala, lah trus gimana kalo aki tekor kyak yang pernah ane alamin dimari gara-gara lupa matiin stop kontak udah di pencet-pencet tombol stater pake engkol pun ujung2nya di […]
lampu ngedip 5 lambat dan 5 cepat -+. kadang ngedip kadang nggak ampe sekarang masih pikiran apanya
Kalo nyala terus skitar 30dtk itu knapa yah.
Stelah berkedi brp kali.smpe pulan nyalax ga mati2 malah 😦 smpe mogok berkali2
Motor gw skrng mengalami nasib sprt itu.gw jg cri2 di google.bnyk mskan yg berbeda2 itu membuat gw bingung.ada yg bil kipropx,trs ada yg bil skringx.skrng akix gw jd bingung
coba cek tegangan aki dulu kalo ane kan masalah d aki pada waktu itu, kalo bukan d aki skring cek trus cek rumah skring kalo masih juga ya cek kiprok hehe,.,., semoga sembuh gan vixionnya
motor ane juga begitu tuh gan -_- problemnya ada di aki gan..coba panasin motor vixion kalian selama 1 jam deh..insyaallah di jamin GOGOGO 😀
kebanyakan kok gini ya vixion msalahnya,,,
ada baiknya laku in lankah ini klo ragu sama beres http://yuanpaper.blogspot.com/2011/11/mengatasi-kelistrikan-tidak-normal-pada.html
punya ane sampe ane tinggalin di beres gara2 nyari kiprok kagak ketemu,,,
haduh perlu riset lebih jauh lagi nich…
bro ane mau tanya donk,,,vixion ane baru ganti aki sktr 4 hari yg lalu,,,,tadi ane bawa jalan dari pancoran ke pamulang lampu kunig nya kedip 5 x yang lama low yang cpet juga 5 x,,,low boleh tau apa nya yang rusak?info nya donk
berarti percis kyak ane itu 5x cepet 5 kali lama, kalo aki masih bagus coba cek sekring nya bro,
sekring nya juga baru ane ganti bro,,,ane ganti yang 20
aki ganti pasti bisa bro tapi kalau isi di aki abis akan kumat lagi bro itu sih kiprog bro …
Kasus yg sama
Vixi gw jg bro, kga mw nyala distater ma kick stater.. knp y?.
cek aki dulu bro
kalau ndak bisa coba di carger dulu akinya kl bisanyala 1 jaman mati lagi kemungkinan sekring kl ndak kiprok ma spulnya bro coba di cek dulu voltasenya pinjem tester tetangga apabila normal voltase di rpm 2000 ke 14v berarti normal kiprok ma spulnya
mas-mas bro sekalian, ane pake NVL, lampu indikator yg
warna kuning nyala terus setelah dikontak ON (tidak
kedip) dan hanya akan mati bila di kontak OFF.
nanya2 sedikit sama mekanik di beres katanya harus
di upgrade karna ngga kebaca di laptop dan motor
harus nginep. karena motor satu2nya kendaraan yg
ada, jadi ngga diinepin deh tuh sampe sekarang,
hehe. tapi alhamdulillah sampe sekarang belom
kerasa secara fisik (mesin, lampu-lampu) semua
masih ok. kira2 apa penyebabnya mas mas bro? makasih
sebelumnya. mohon bantuannya.
punya ane juga masalahy di rpm suka naik turun kaya listrik turun,klw nyalain rem pa sen or klakson lngsng ke nol rpm malah kadang mati,trs kadang” mati total pas ane cek kendor tu sikring,begitu dah nyala lagi trs msh aja rpm ke nol lg klw nyalain rem blkng n kdng suka mati total lagi dan sikring mesti di otak atik lagi ru nyala tapi tetep j rpm masih ke nol ky kurang tenaga tu arusy….
SEBENERNYA MASALAHNYA DARI APA SIH…
DAH PUYENG AKU BEGITU MULU MASALAHNYA…
MOHON INFO DARI PENGGEMAR MOTOR VIXION…
TERIMAKASIH GAN SEBELUMNYA…
Coba di ganti sikringnya broo paling cma 5000 .. Kalau keluhannya masih ŝªмª ada kemungkinan jg soket sikringnya yg bermasalah..
coba soket kasih contak cleaner kalau ndak punya pakai chain lube/minyak rantai
Aki mtor ane bru ganti 2hari yg lalu kok skrang ga bsa d pke strum udah abis, gmna solusinya om, karna kiproh apa mungkin aki ga ngeces mohon bantuanya master
setelah kejadian beberapa kali mas bro ane cek kiprok nya ternyata teganganya kecil jadi aki gak ngisi,.,. setelah ganti aki satria fu dan kiprok baru alhamdulilah gak kejadian begini lagi
coba ganti akinya sob…vixi aq jg prnh gtu.tp stlh gnti aki dah normal lg.tp kmrn hbs jtuh tiba2 smua kelistrikan mati wktu d kontak ON.di hidupkn jg ga mau.tp stlh q biarkn _+ 20menit dh normal lg sampe skrg.
brow hati – hati ea klo sampe aki tekor ntar bisa – bisa ngerembet k full pump,trus k kiplok jg.llumayan brow harga full pump nyampe 600.trus harga kiplok nyampe 250.klo aki nya gk ngisi – ngisi cek dulu sepul nya
Vixion saya malahan da ganti semua,awalny batrai ngedrop, lampu indikator berkelip yg menandakan kelistrikan tidak normal,trus sy ganti batrai baru cm betahan 2hari ,bis tu ngedrop lagi,stelah di ukur ternyata tegangan dari kiprok ngk nyampe 14v,bawa ke bengkel resmi, di buka ,eh rupanya spul nya da gosong,makannya suply ke kiprok tidak full, dan suplai pengisian ke aki jg tidak full, akhirnya ganti spul,..stelah ganti spul..alhamdulilah lancar jaya.
Sama banget kejadiannya ama vixion saya, tp setelah aki diganti emang normal, tp pas nyalain lampu aki kaya tekor, seperti kejadian awal pas aki ngadat.
Kenapa ya?
Kejadiannya Sama kaya vixion saya, tp setelah 2hari ganti aki, trus lampu dinyalain.
Kembali ngadat lg, lampu indikator kuning kedip”, jarum rpm mati, tp klo lampu mati kondisi vixion normal.
Kenapa ya?
vixion gw ne pernah nyampe seminggu masalahny lampu orenge ny nyala idup truss, pernah sempet tu berhenti lampu merah ditengah tb tb lampu orengeny mati,, nyampe lima menitan lg,. tp skrg pas dipanasin agak lama motorny.. ilang tu penyakitnya,,
tp akhir akhr ne balek lg tu penyakit wlwpun jarang,, skrg jd bingung masalahnya dmna tu ???
kebetulan vixion ane juga bgtu bro kmaren kmaren tiba tiba kelistrikan drop dan ane ganti aki baru dan ternyata drop lagi untung bisa sampe rumah , niatnya sabtu or minggu cek ke beres , sepertinya aki ga ke isi antara kiprok dan dinamonya mungkin yg bermasalah
motorku sm seprrti itu boz. rpm’a matii. tk kira aki’a. truss aq ttp tk pake setlahh ada 1mingguann. tinggl lampu kuning’a nyala..motorrr tk coba matin trus hidupka lg. trpaksa aq pake stlhh jln smpe 12 kilo. motornya mati. trus tk setater berkali”. engga jadi. tk coba pinjem aki tmn. . bsa nyala.jd aq blii aki.setlahh aq blii mtorr ituu bsa jln. setlh jln 20kilo. lmpu kuningnya nyala lagi. ituu apanya yh boz
kiproknya coba om di cek,.,.,.,.sempet ganti kiprok juga setelah akinya tekor terus atau ganti aki satria fu
aq mau tanya boss sm minta bantuanya boleh ngga