assalamualaikum
hai bro baru nulis lagi nih hehe. nah kmaren tepat hari selasa ketika ane lagi mau balik dari ciputat ke bekasi si vixion tiba tiba mati , yup lagi riding di pasar minggu mungkin kecepatan antara 70 – 80 kpj tiba tiba si vixion seperti kehilangan tenaga, ane pun langsung ke pinggir jalan dan hmmm si vixion mati , kirain ane cuman mati biasa eh ternyhata ane selah dan stater ga hidup juga, oke dorong deh nyari bengkel yamaha terdekat, atas petunjuk tukang parkir menunjukan arah beres yamaha allhamdulilah nemu juga ,
langsung cek sana sini sama mekanik , katanya sih ga ada kompresinya , ane manggut manggut aja sambil ngaso, cek klistrikan ajib katanya , mulai deh cek busi n memasukan oli ke ruang bakar sambil di selah selah pake tangan , selang berapa lama mekanik cek injektor aduh apa dah ini yang rusak, injektor sudah di cek dan mekanik berkata , sepertinya setengahnya harus di bongkar , opo maksudnya setengahnya di bongkar ternyata blok silinder ke atas kudu di cek, berhubung waktu sudah jam 3 terpaksa di lanjutkan besok katanya dan si vixion terpaksa di titipkan, akhirnya ane nyicipin ngangkot untuk balik ke bekasi,
besok nya tepatnya rabu ane dapet kabar dari beres melalui telpon katanya blok seher/ silindernya kena udah baret, jdekkkkk aih kena banyak ini mah dalam hati ane, langsung ane tanya berapa kira-kira jumlah rupiahnya sekian sekian sekian adhuh langsung kangker dah padahal baru aja nyicipin duit hasil keringet sendiri.
oke kamis pagi-pagi ane dari bekasi ke pasar minggu untuk menjemput si vixion, dan kernyata benar blok silinder baret kyak begini,
gambar di ambil pas nyampe rumah
jumlah biaya perbaikan rada sedikit membengkak karena diikuti penambahan atau pergantian part yang harus di tambah atau di ganti juga, berikut daftar harga beserta part yang harus di bayar hehe, walaupun harga di sparepart katalog online yamaha rada beda dengan yang tertera di mari yowis gpp:
semoga berguna
waw, kehabisan oli kah? megison 5 tahun ini ga syerem kek gitu, wah hati2 om selanjutnya
plus, habisanya jebul banyak ya, wew…..
kekurangan oli sepertinya, berarti megison lebih tangguh dr si vixion 😀
numpang yo…..
http://bikerkampung86.wordpress.com/2014/01/20/negeri-ini-sungguh-punya-mu-nak/
Edannn 1.348.000….???
Kok sperpartnya lbh mahal dr pd hrg katalognya..???
Wah perlu dilaporkan ke pusat itu.
Turut berduka pak..???
Sebelumnya apa nih pikson pernah dimodif mesinya..???
Sering pake premium..??
Mringiis ane lihat notanya.
AX7 dikota ane cuman 43 ribu, jian kemaruk untungya…
iya setelah ane cek harga katalog juga mayan bedanya 😀
mesin standar kok ,
soal bahan bakar emang sih gunta ganti kadang premium kadang pertamax, 😀
Bisa baret gitu apa sebabnya ya? Kurang oli? Kalau kepala silindernya bolong2 gak? Kalau iya bisa jadi karena premium….
yup kurang oli + bahan bakar , soalnya kadang premium kadang pertamax kadang campur 😀
waduuh
bener bener waduh a
seremmm
menyeramkan
wow……. 1 juta lebih
udah diasil silinder sama forge piston?
coba beli oli palingan cuman 50 rb ya hehe
katanya sih udah
bro, numpang tanya boleh ya, soalnya berhubungan ilmu material tepatnya metalurgi kuliahan gw
1.itu pemakaian motor udah berapa km odo nya?
2.rata2 penggantian oli setiap brp km?
3.riding stylenya apa sering digeber redline?
4.sudah dicek sebelumnya apakah ada rembesan oli misal dr tutup oli yg kurang rapat?
5.beberapa hari menjelang mogok/compresion loss apakah ada terasa penurunan performa?
itu dulu ya bro
eniwei busway, semoga mas bro dilimpahkan rejeki yg banyak, karena ini hanyalah halangan, jadi biaya jgn disesali hehe
jangan lupa, apapun motornya dengan embel2 diasil/forged piston (yamaha) atau scem (suzuki) atau molybdenum (honda)
tetep semua hnylah dalam praktek di lab, dan tentunya bahasa marketing (kasarnya) nyatanya di lapangan dengan kondisi jalan dan behavior rider tetep rentan dan oli wajib dicek dan diganti berkala
1. 50rb an
2. kalo oli ganti pas krasa udah ga enak aja,
3. geber abis bekasi ciputat mundar mandir tp ga setiap hari
4. ternyata ada oli di dalam box filter udara
5. yup udah kerasa n udah ada niatan ganti oli namun ga sempet karena udah ada kejadian begini,
biaya mah ga di sesali :mrgreen:, yup seandainya cuman beli oli pasti ga sebanyak ini jd oli oli dan oli
sadisisasi. harga naik dari harga di katalog. hikmahnya kita kudu cek oli. kalo oli kehilangan daya lumasnya, baik mesin diisi air. part cepat panas, cepat gesek pula 😦
pengalaman motor supra kakak saya. beneran gak ada tenaganya. padahal sudah over gigi 1 terus. haha… akhirnya besok saya dengar sudah dibawa ke bengkel. saya sih gak pernah pakai lagi, tapi saya lihat si kakak kok naik motor masih pelan gitu larinya. padahal sudah ganti oli. ganti oli memang gak ngaruh ternyata.
bener bener kalo dah gini harus bisa ambil hikmahnya
waduh..kok kayak gak seimbang gitu ya bro?kalo baret kan seluruh dinding silinder kena..ini cuman sebagian aja..apa mungkin pen atau crank longgar?makanya bertumbu ke sebahagian aja baret2nya
wah itu harganya membengkak hahaha….
lapor pakde ke yamaha pusat,org lg kena musibah malah ditambah”in..
sekrang vixy udah normal pakde?
allhamdulilah sudah
Gara2 olinya tuh…..
AX7 kan enaknya cuman sampe 1200 km aja…selebihnya jd agak kasar….
Masih enakan BM1 pc7000…
yup oli oli oli
Tul. Ane kapok pake AX7..suara mesin kasar + sering slip kopling..skg pake BM1 PC1500..jwozz!
sip .,,. ane coba
kualitas diasil silinder & forged piston lho …!!!
lho lho lho ….!!!!!!!
vixi ne tahun brp masbro??
pernah telat ganti oli kyknya,
mx 2007 ku jg dah ngebul tapi oli rutin ganti,
allhmdullilah aman nympe sekarang.
kharis27 bro ane mau nanya ane rencananya mau ambil NVL yang ane mau tanyain apakah si NVL ini stang nya gampang oblag apa nggak sperti old vixi?
soalnya sodara ane punya old vixi stangnya sering banget oblag
mohon pencerahannya kang
hehe itu mungkin komstir old vixion memang oblag, tp buat nvl kurang tau deh bro soalnya ane blom pernah denger kalo komstir nvl ada yg oblag,.,.,.,.
Itu bkn telat oli bro tp oli ga naik ke piston yg hrs di cek sil oli yg sring sobek jd oli ga naik
halo om ane boleh mampir gak diwarung ini…
hahaha
boleh lah bro
sering telat ganti oli tuh,kalo odo msh sekitar 50rb paling apes ganti ring seher doang.ganti oli vixi bagusnya tiap 1500km,jgn terjebak dgn kata mekanik ganti oli tiap 2000km yg sebenarnya itu batas maksimal.
edyan, mosok habisnya 1,3juta?
moga2 oom Kharis gak ketelatan ganti oli lagi hehehe
hehe iya bro kapok dah
Saya aja sering ganti oli tiap 4000 km…. Udah 4 tahunan ini… Dan alhamdulillah megi 2005 sy masih oke…
om apa gak di klaim aja ,,apakah sudah lebih dr 5thn?
bukane masa garansi forget piston&diasil silindir tu 5thn?
Waduh ternyat Diacil Cylinder Lawan Forget Piston bisa baret juga ya…
wkwkwk asem itu jasanya 130amat 😯
Pelumasan yang kurang baik.
serem juga ya mas bro…
ckckkk…
http://sarungjokcooltech.wordpress.com/2013/05/09/sarung-jok-anti-panas-cooltech-vixion-edition/
Wrong Bike
Masak diasil cylinder dan forget piston bisa kayak gitu
Wrong Bike Wrong Bike Wrong Bike
jiahhhh….. senilai hape android spek dualcore
hehe
itu selang raddiator nape ikut diganti ??
http://awansanblog.wordpress.com/2013/09/19/review-bmw-c-evolution-skutik-cantik-nan-canggih-dari-bmw/
harusnya sebelumnya ada asap dari knalpot kan bro?
nah itu dia gak ada ngebul sebelumnya
Sama ky MXku mas, tp mxku air radiator masuk ke mesin, habis deh 1,5 jt
ga balik normal, malah jdi ga penak blas, 😦
iya sih takutnya kalo udah gtu motor jd ga enak
kemarin mxku tak jual , cuma laku 9 juta, padahal tahun 2010
jangan lupa filter oli bro, jika filter oli tersumbat karena penuh gram besi+kerak karbon menyebabkan sirkulasi oli tidak lancar mnyebabkan keausan. dlm kasus terburuk(motor sampeyan ini), jika filter oli tidak dganti, mesin akan mengalami kerusakan sangat fatal..
turut berbelasungkawa ya bro…ngeri juga nih…
mesti kleru kuwi…blok mesin cbsf kali
hmmm…ambil hikmah nya dan harus segera cek mesin vixor ane nih, kayak nya yg paling tepat oli gak naik ke atas krn RPM mesin terlalu rendah.
vixor ane dah 67rb kilo tarikan masih padat rata, tp ketar ketir juga nih liat baret yg dalem gitu di bukti foto ny masbro.
sebagai perbandingan :
1. vixor ane tahun 2008 bulan 7, km dah 67.000. mesin lom ad gejala kompresi loss
2. ganti oli tiap 2500 dulu sering nya enduro racing, 2 kali terakhir ganti oli dah pake ax7 (klo bener ax7 oli trouble ane ancang2 balik maning make enduro racing dah)
3. soal oli ada di box filter itu memang seperti itu karena (cek aja) ada selang uap oli dari mesin yang disalurkan kembali ke box filter
4. RPM langsam di 1700an coz, teman yg mekanik yamaha pernah ngingatin RPM langsam jgn terlalu rendah semisal 1500 khawatir oli nya gak naik ke atas utk melumasi
dah segitu aja sebagai perbandingan…
wihhhh seremmmmmm…….. aduh jgn sampe fu ane kek gtu..
aduh mas Kharis d getok tuh ama bengkel,nih rincian saya yg menurut saya masuk akal,,,
Nama Part
PISTON RING SET (STD) 149,000
PISTON (STD) 175,000
CIRCLIP 15,000
PIN, PISTON 23,000
GASKET, CYLINDER HEAD 1 13,000
GASKET, CYLINDER 18,000
CYLINDER 1 456,000
SEAL, VALVE STEM 26000
GASKET, EXHAUST PIPE 15000
Coolant 24000
ongkos bongkar 100000
TOTAL —–>1015000
mayan ngirit Rp 348000 masbro,kalo bongkar di saya,,,heee
nota pembelian manual gitu yak!?
kok menurutku ada oknum yang ambil kesempatan yah? semoga enggak deh..
semoga diberi kelancaran rezeki om 😎
loh diasyl ternyata bisa baret juga, kirain gak 😀
Itu bengkel nya yamaha cman cari target pemasaran itu mas kok banyak bget yg di ganti hadehh hati2mas kalo bengkel resmi sering gtu misal part yang ini masih bagus 70 % tp di bilang dah rusak lah dsb karena bengkel resmi cari target.hItu bengkel nya yamaha cman cari target pemasaran itu mas kok banyak bget yg di ganti hadehh hati2mas kalo bengkel resmi sering gtu misal part yang ini masih bagus 70 % tp di bilang dah rusak lah dsb karena bengkel resmi cari target.hItu bengkel nya yamaha cman cari target pemasaran itu mas kok banyak bget yg di ganti hadehh hati2mas kalo bengkel resmi sering gtu misal part yang ini masih bagus 70 % tp di bilang dah rusak lah dsb karena bengkel resmi cari target.hItu bengkel nya yamaha cman cari target pemasaran itu mas kok banyak bget yg di ganti hadehh hati2mas kalo bengkel resmi sering gtu misal part yang ini masih bagus 70 % tp di bilang dah rusak lah dsb karena bengkel resmi cari target.heee
Bru km segitu kok udh gnti
Pnya ane udh 42rban kdu waspada
Gnti oli typ 1000km bsa nyegah gak?
Supra fit pernah hilang kompresi, tapi cukup ganti klep, dan ring piston. Komponen lainnya paking dan rantai keteng, skir klep. KM nya sama menjelang 50rb km juga. SIlinder nggak baret, tapi ada “keripik” karbon yang cukup besar di kepala piston… ajaibbb
wuih…..vixiku thn 2009 sampai sekarang mesin baik2 saja, sepengetahuanku kalau vixi itu yg harus diperhatikan dalam pemakaian.
1. Oli mesin kalau punyaku setiap 1500-2000, tp kadang sampai 3000 harus ganti oli mesin, dr keluar dealer aku pakai enduro 4T racing (indonesia punya :))
2. busi, kalau busi q selalu ganti setiap 5000 KM pakai busi standart pakai racing tambah oke.
3. air radiator, itu penting selalu aku cek setiap 5000 kalau kurang ditambah, lebih baik lagi kalau di kuras setiap 10000 km
4. aki, tegangan aki harus diperhatikan,
5. filter udara, ini biasanya orang lupa, dari pengalaman kalau filter motor kotor atau waktunya ganti maka berpengaruh tarikan motor.
untuk kebengkel resmi aku jarang paling2 6 bulan sekali, selama ini sih belum pernah sampai opname dan oprasi besar kayak gt, oh iya kalau masalah harga di catalok online ndak sama atau melebihi HET bisa di komplin di YMI Pusat, q dulu pernah komplin dan ditanggapi serta ada sangsi untuk beres tersebut….
Semoga bermanfaat, Salam Riders
sip , thanks gan
repair, jual, ganti baru hehe
biasanya pake oli apa pak?
wah2, emg kata org2 vixion baru blok mesinnya agak meragukan gan. kualitasnya di bawah blok vixion yg lama. coba aja di cek, kalo blok new vixion harga sekitar 270an, sedangkan old vixion kira2 450an.
Terima kasih sudah sharing ya mas bro, turut prihatin atas kejadian tsb, tapi any way kalo saya juga sering telat ganti oli krn nggak sempat, tapi sesibuk sibuknya saya, saya masih sempatkan liat volume oli melalui lobang intip oli kalo memang tinggal 1/2 dan oli sudah hitam ane biasanya tambahin dengan oli baru yg sejenis dan se-merk, krn ane biasa-in cadangan oli di garasi hehehe..
motor ane Yamaha Scorpio, emang bukan vixion, kalo masalah kekuatan material ya sudah pasti diasil dan forged piston milik vixion lbh baik dari pada Scorpio saya, tapi kenyataannya dengan metode tambah oli ini cukup membantu hingga penggantian oli berikutnya..
ohya Scorpio saya tahun 2006 bulan agustus jadi sudah 7 tahun (80000 KM) alhamdulilah belum pernah ganti ring seher dan silinder hanya ganti sil klep dan skir klep saja, kampas kopling, gear set dan rantai serta filter oli..
ohya ane pake motornya juga Woles aja bro alias slow (60-80 KM/H)
mending megison ipan,dah 5thn msh sehat,kalo baret tinggal korter..kalo konvensional msh kuat dan awet bwt apa pake diasil.hahaha
ane baru 3 hari pake NVL, perlu hati hati dan anehnya lagi,,,, BRU 3 hari sudah 650 km
hari ini ane service dan ganti oli gratis,,,
waduh jadi takut ane gan,,,,
pelan pelan ae ya di jalan Allah, yang penting nyaman, aman , cukup,,, gk perlu ngooooooooooong ngooooooong,,, ngoooooong
pelajaran buat ane
Wow nice info… 🙂
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/29/ini-gitarku-mana-gitarmu-2/
masih murah ni, klw blok dohc bisa >2 jutaan sma pasang
ganti oli tiap 2000 km jgn lebih, pke oli yg baik, klw bokek y yamalube, klw pnya duit lebih pke motul, trus pke bensin pertamax, klw bokek oplosan premium dn pertamax plus perbandingan 1:1
vixion saya pernah sampai 3 bulan gak ganti oli pp bekasi sudirman boncengan terus lg, tp alhamdulilah aman padahal habis di pake mudik ke wonogiri,sekarang kilo meter sudah mencapai 90 rb lebih tggl nunggu rewelnya kyaknya….
Ini sih gara” kehabisan oli gann
iya gan oli nya kurang toledor ane
[…] [sumber : kharis27] […]
kalo vikxion saya ,kok tnaganya kurang knpa ya ,kalo di jalan tmjakan ga kuat
Mau DiAsil kek mau biasa kek…kalo kurang oli ya baret baret aja…
Sebagus-bagusnya teknologi motor kalo ga diurus ya jadinya begitu bro…pisss
Vixi ane taun 2012 (beli 2013 sih), sudah 40,000 km, puji Tuhan untuk mesin masih aman 😀 paling bentar lagi servis injektor rutin setiap 10rb km
Oli rutin ganti setiap 3000km, bensin selalu Shell, kalo ganti part2 yg berhubungan sama mesin ane pasti ke BeRes.
Oli ganti-ganti sih, sekarang lagi pake Motul. ada yg bilang di atas Shell AX7 ga enak, itu bener…sering slip kopling, mesin cepet panas, dsb…
Tar pas 50,000km servis injektor 2 deh
klo saya kompres hilang gara gara klep piston bengkok….
hbs 355.000.
Ternyata pake oli mahal pun merk luar kagak jamin mesin jadi awet kalau ga rutin cek oli ya,serem bgt mas brow diacil silinder bisa baret kyk gitu,supra 125 ane dari dulu cuman make oli Pertamina Enduro ganti tiap 2500km ampe skarang km dah 75.900 masih fine2 aja tuh daleman cuman ganti kampas kopling doang & kagak pernah ganti merk oli lain,bs jd pelajaran berharga buat bikers yg lain utk tdk mengesampingkan kondisi oli ya.
bener om , setuju bangettt
Coba ke bengkel biasa , paling cuma di oversize + ganti piston. Gasampe bli blok piston. Gasampe sgitu habisnya. Itu lah kekurangan nya beres gan