Yupz bro banyak jalanan dipinggiran jakarta yang dua arah masing-masing satu jalur itu jalanya di aspal tapi menurut saya itu jalanan aspal cepet kegerus bentar-bentar rusak bentar-bentar rusak, yang akhirnya menimbulkan lobang disana sini. keadaan jalan memang kalo rusak apa lagi berlobang ga nyaman dan bahaya, dimana yang kita sering liat itu jalan berlapis aspal dimana aspal ini cepet banget ke gerus entah itu karena bobot kendaraan yang lewat melebihi kekuatan jalan tersebut, kena ujan atau tidak tahan lamanya material dari aspal tersebut kurang, paling-paling kalo di betulin cuman di tambel-tambel pake aspal lagi, Nah bagaimana dengan jalanan yang di permukaannya adalah cor-an beton.,,.,.
Berbeda sama jalanan yang berlapis beton dimana menurut saya lapisan beton lebih tebal di banding aspal, bisa 30 cm an tebalnya, tapi balik lagi sih ke material serta komposisi dari beton tersebut , pasti kalo si pembuat jalan memahami desain serta prosedur yang baik serta tidak korupsi semen, krikil dan pasir bisa lebih paten lagi serta kekuatannya tahan lama. Memang sih pembuatannya cukup ribet dan buat jalanan jadi buka tutup,.,berbeda dengan aspal kerja semalaman paginya dah selesai seperti disulap.,.,..,
Tapi bagaimana cengkraman ban ke permukaan beton menurut saya ya ga kalah bagusnya kok tp memang lebih bagus di aspal tapi buat kekuatan bolehlah jalanan yang berlapis beton memang lebih kuat dan tahan lama ,.,.,. menurut bro-bro bagaimana apakah jalanan yang berlapis beton itu lebih tahan lama di banding aspal n bagaimana dengan cengkraman ban terhadap beton apakah lebih baik atau lebih baik pada jalanan berlapis aspal ,,.,.,.atau jalanan beton bisa juga di karpetin aspal lagi ???
Semoga kondisi jalanan-jalanan yang ada di indonesia semakin membaik
aspal itu ga kuat nahan streess tinggi(flexible pavement),cuma mngndlkan lpis pndasi bawah untuk menahan beban,jadi cuma nyebarin beban ke bawah
namanya bukan jalan berlapis beton,krena apanya yg dilapisi dgn beton?
tapi rigid pavement – biasnya digunakan tulngan baja untuk mengatasi kelemhn beton(kuat di tekan,lemah di lentur),agar ga patah di tengah saat ada momen bekerja
biayanya lebih mahal
berarti jalan baja berlapis beton,.,.,.
ciamiiiikk jalan pake beton semoga masuk ke daerah” terpencil pake beton beton biar tahan lama
yup biasanya mang bgtu jalan daerah biar tahan lama ya di beton
tergantung model tanah
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/14/ktm-duke-200-dibanderol-60-jutaan-suzuki-inazuma-belum-nongol-di-prj-polling/
yup kalo di daerah yang kontur tanahnya bergerak ke geser2 juga
Kurang seneng lewat yang beton – beton gitu. Rasanya seperti kepleset – pleset, hehehe 😆
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/14/modifikasi-ninja-250r-sterilgarda-edition/
rada licin ya bro hehe
Betul, sama ada kontur garis garis yang sejajar ama gerak roda motor, kalo nyilang sih ngga masalah. Kalo sejajar, bikin ban kepleset – pleset 🙂
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/15/red-bike-bebek-yamaha-suzuki-honda/
tanah n teralis mesti ajib jg 😀
yup bener .,,.,.
wah kurang paham soal beton dan aspal. Cuma kalau beton kuat tapi licin, kalau aspal ga licin, tapi kalau tipis ga kuat. Coba kalau aspal jalanan tebel (rata2 1meter tebelnya) kayak aspalnya Tj.Perak 45 tahun dilindes truck kontener, no problemo 😀
wow aspal tebelnya 1 meter ajib .,.,,..,
masih mending jalan aspal
kalo jalan aspal nya mulus mantap memang hehe
kata yang di atas sono,kalo pake material gitu dana nya mahal….ntar gak ada dana berlebih buat masukin kantong pribadi 🙂
padahalkan proyek gede yang masuk kantongkan juga gde ya hehe
enak aspal… buat ngebut itu sipp 😀
hehe biar ga bisa ngebut aspal pada berlubaang hehe
Untuk tanah gambut yang “mentul-mentul” kalau dilewati mobil. jalan aspal paling mampu bertahan 5bln. sebelum hancur. 🙂
Ketika Ekosistem Otomotif Timpang.
http://motoroda.wordpress.com/2012/06/14/ketika-ekosistem-tak-seimbang/
wow jalan aspal cuman bisa bertahan 5 bulan ,.,.
sebelum di aspal yg ada tanah gambut tu di urug sama tanah dan pasir mas, trus di kerasin sm alat berat….. G ada jamannya tukang aspal jd bego…. Masa aspal cuma kuat 5 bulan, daerah mana tuh…? Ane di kalimantan sini dah cukup tau soal jalanan sini…. Bagus juga aspalnya…..
smua awet klo pondasinya joss.. kek jln buatan Rusia di palangkaraya.
pondasinya jangan di korupsi biar lebih jossss
katanya jalan beton lebih cepet makan ban 😀
wah cepet abis dung bannya .,,.
masih mending aspal daripada beton yg kalo bikin pasti ga rata (bumpy)
yup kadang2 mang ga rata kalo beton mangkanya tergantung yang buat,.,.,.
Dasarnya dari jalan beton trus dilapis aspal pasti lebih maknyozz. Awet dan ngga licin
setuju bro
Kalau di dalam kota biasanya aspal.
Karena BUS DAN TRUK Biasanya lewat RING ROAD/ BY PASS tapi untuk jalan nasional yang dilewati TRUK DAN BUS harus di beton